Rabu, 11 Maret 2009

MANAJEMEN KONFLIK

Konflik adalah sebuah situasi ketika sumber daya yang terbatas dibutuhkan oleh beberapa orang dalam waktu yang bersamaan contohnya : antrian BBM, antrian minyak tanah dll, sebuah pertemuan antara dua buah kepentingan dalam waktu yang bersamaan contohnya : seorang anak diajak bermain futsal oleh teman satunya dan teman yang lain mengajak main band dalam waktu yang bersamaan.

Penyebab Konflik
- Perbedaan persepsi
- Perbedaan sudut pandang
- Perbedaan suasana hati
- Perbedaan latar belakang
- Perbedaan politik
- Perbedaan agama
dan perbedaan - perbedaan yang lain

Jenis - jenis konflik
- konflik intrapersonal (Ira disukai oleh dua orang cowok yang sama - sama cakep dan Ira juga menyukai keduanya, konflik positif dan positif)
- konflik interpersonal (Ira dan Ari saling bermusuhan gara - gara Ari ketahuan jalan bareng dengan pacar Ira)
- Konflik interkelompok ( dalam satu team sepakbola, kapten dan bek bertengkar gara - gara kekalahan team)
- Konflik antar kelompok ( Gank A menyerang Gank B karena salah paham)

Cara menangani Konflik ;
1. Avoidance : menghindar dari lokasi atau sumber konflik
2. Kompromi : masalah di selesaikan dengan cara baik - baik
3. Konfrontasi : masalah diselesaikan dengan cara buruk
4. Exit strategy : meninggalkan lokasi konflik sebelum konflik memuncak.

Manfaat konflik
- meningkatkan kompetisi
- memicu perubahan

Kerugian konflik
- mengurangi kekuatan team
- merusak integritas pribadi

Konflik adalah segala hal yang tidak dapat dihindari, jika memang konflik muncul maka harus diselesaikan dengan cara baik - baik atau menggunakan metode win - win solution.

Senin, 09 Maret 2009

KOMUNIKASI DENGAN MEDIA DIGITAL

Tidak pernah terpikir di benak semua orang ketika handphone yang biasa digunakan bisa menjadi alat konsultasi kesehatan atau keperawatan, hanya sekedar mencurahkan isi hati dengan sms berbiaya Rp. 100, 00 maka sudah bisa mengurangi beban pemikiran.

Gangguan jiwa bisa menimpa siapa saja, ada beberapa ciri atau kharakteristik penderita gangguan jiwa meskipun hal ini tidak bisa disebut mutlak, yang pertama bahwa penderita gangguan jiwa cenderung introvert, yang kedua mereka cenderung kurang dalam sosialisasi, ketiga memiliki gangguan dalam konsep diri dll.

Komunikasi dengan media digital adalah sebuah solusi bahwa jarak, ruang dan waktu bukan halangan untuk melakukan teleconsulting, melakukan telenursing, beberapa bentuk dan metode kesehatan dengan menggunakan media digital membantu orang menggapai tingkat kesehatan yang lebih baik dan lebih optimal.

Ketika sebuah Rumah sakit memiliki Lokal Area network sehingga antar ruang memiliki koneksi secara intranet, akses data dari ruang satu ke ruang lain menjadi sebuah hal yang sangat simple, statistik dihitung dalam hitungan detik, bahkan pengalokasian pegawai dilakukan dengan bantuan media digital, mengurangi keterbatasan sumber daya manusia kemudian dipasang beberapa kamera pemantau dengan tujuan mengontrol pasien, pengunjung, keamanan sarana dan prasarana.

Konsultasi bisa dilakukan dengan metode file sharing, saling berkirim email atau bahkan chatting lewat jaringan LAN, koneksi lewat jaringan LAN lebih memungkinkan data terkirim secara utuh, jika dibandingkan telepon maka data yang terkirim tidak memiliki otentifikasi.

Komunikasi dengan media digital adalah sebuah solusi di masa depan, sebuah Rumah sakit futuristik yang mampu diawasi dalam jarak jauh, seorang direktur RS masih mampu memantau segala hal yang terjadi di RS meskipun dia berada di luar negeri sekalipun, teknologi menjadi alat menggapai perubahan lebih baik, kapan kita bisa segera berbenah untuk membentuk sebuah Cyber Hospital?

Rabu, 04 Maret 2009

PENGARUH KOMUNIKASI DAN PEMASARAN DIRI

Selama ini kita telah melewati tahapan pilkada atau pemilihan kepala daerah, tapi pada tanggal 9 April 2009, momen itu akan berganti dengan pemilihan anggota legislatif, banyak masyarakat yang bingung dan bertanya - tanya siapa yang harus saya pilih, dengan begitu banyak pilihan, begitu banyak janji maka akan begitu banyak pula sikap no respons karena ketidakmampuan memberikan pilihan.

Banyak jalan menuju Roma, sehingga tadinya legislatif yang bertujuan untuk mewakili aspirasi dan suara rakyat beralih menjadi keinginan untuk mendapatkan pekerjaan karena banyaknya orang yang belum bekerja.

Perubahan paradigma wakil rakyat menjadi orang yang bekerja akan mengubah target dan tujuan seseorang setelah menjadi anggota legislatif, keinginan berjuang akan dipupus oleh keinginan membeli mobil, membangun rumah mewah untuk memenuhi aktualisasi diri.

Calon anggota legislatif tidak hanya laki - laki tapi juga perempuan, dengan berbagai metode marketing, mereka memajang gambar dan foto diri di jalan - jalan. Jika saja mereka mau memikirkan nasib pendidikan bagi rakyat yang memikirkannya maka rakyat akan memiliki loyalitas terhadap pilihannya.

Mencalonkan diri menjadi anggota legislatif adalah memasarkan diri agar semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin dikenal oleh beberapa politikus lainnya, jika perlu mereka menjalin perkenalan lewat sosial networking seperti facebook dan friendster.

Semoga metode komunikatif Barack Obama akan menginspirasi para anggota legislatif dalam menjaring massa, sebuah keyakinan dan loyalitas akan sulit digeser oleh uang maupun money politic. Komunikasikan diri anda ke semua orang, tebarkan senyum, ulurkan tangan (tidak selalu uluran tangan adalah dengan uang), libatkan diri anda dengan kegiatan masyarakat maka self marketing anda akan sangat hebat.

Jika merasa komunikasinya buruk, baca artikel http://www.andriewongso.com" maka kelak pendukung akan menjadi kekuatan besar di 9 April 2009 besok, semoga artikel ini bisa menjadi renungan.