Kamis, 28 Mei 2009

HUBUNGAN ANTARA NETPRENEUR DAN KOMUNIKASI

Komunikasi sebagai dasar sebelum melangkah jauh dalam bisnis di dunia maya
Ketrampilan berkomunikasi sebagai salah satu faktor dalam membangun image/citra diri
Ketrampilan komunikasi mempengaruhi kualitas postingan
Ketrampilan komunikasi mempengaruhi cara seseorang membangun komunitas pembaca
1. Ketrampilan komunikasi membuat pelanggan melakukan repeat order
2. Ketrampilan komunikasi mampu memotivasi orang lain untuk mengenalkan web/blog yang kita miliki ke orang lain
3. Ketrampilan komunikasi mampu memancing pelanggan baru untuk melakukan transaksi lewat blog/web kita
4. Ketrampilan komunikasi membuat kepakaran anda diakui oleh orang banyak
5. Ketrampilan komunikasi membuat seseorang sukarela menjadi subscriber anda

Bagaimana komunikasi yang bagus
- Komunikasi tersebut bertujuan untuk menghasilkan keputusan yang diinginkan bersama
- Bahasa yang digunakan dalam komunikasi disesuaikan dengan tema atau topik yang dipilih
- Kata-kata dan istilah yang digunakan memberi tambahan wawasan bagi orang lain
- Memancing rasa penasaran orang lain terhadap suatu subyek
- Memancing agar orang lain menyelesaikan proses komunikasi
- Setelah komunikasi terjadi tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan

Langkah membangun komunikasi yang bagus
- Kenali komunikan anda
- Kuasai topik/tema yang akan anda angkat
- Gunakan bahasa ilustrasi untuk memperjelas istilah yang sulit
- Gunakan bahasa non verbal yang wajar
- Pancing diskusi dengan pertanyaan
- Ceritakan sebuah kisah motivasi atau kisah penggugah semangat
- Sediakan waktu untuk menjawab pertanyaan
- Fokuskan hanya pada tema atau topik
- Beri kemudahan pada akses informasi sesuai topik

Semoga beberapa langkah diatas mampu membuat ketrampilan berkomunikasi anda meningkat dan penghasilan online anda ikut terdongkrak, semakin baik ketrampilan komunikasi anda maka suatu saat anda akan beralih menjadi Profesional Blogger atau seorang Visual Consulting...mana yang anda pilih?
.

Selasa, 26 Mei 2009

Komunikator Nasional : Andrie Wongso (Success is my Right)

Kalimat motivasi mampu menggugah seseorang menjadi lebih baik, kalimat motivasi mampu memicu orang lain untuk mengenal potensi positif yang dia miliki, negeri ini memiliki beberapa pakar motivasi handal yang memang pantas disebut sebagai komunikator papan atas, kemampuan mereka berkomunikasi mereka diatas rata – rata, dengan keahlian berkomunikasi mereka mampu membangun audiens yang sangat besar, salah satu komunikator tersebut adalah Andrie Wongso.

Salah satu petuah bijak beliau yang sangat penulis kagumi adalah : “Jangan beri kesempatan pada diri sendiri untuk menunda-nunda sesuatu yang harus dilakukan. Pastikan untuk segera bertindak seperti yang telah Anda putuskan” (Andrie Wongso, 2009) menunda pekerjaan atau menunda untuk melakukan sesuatu akan membuat waktu yang dibutuhkan untuk menempuh keberhasilan menjadi lebih panjang.Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan penundaan maupun mensegerakan melakukan sesuatu. Dengan tidak menunda-nunda setiap pekerjaan yang ada. Maka kita akan memiliki sebuah kekuatan yang bisa kita maksimalkan untuk menjemput impian.


Andrie Wongso anak kedua dari tiga bersaudara, terlahir dari sebuah keluarga miskin di kota Malang, tepatnya pada bulan Desember 1954. Pada usia 11 tahun (kelas 6 SD), Andrie terpaksa harus berhenti bersekolah karena sekolah mandarin tempatnya belajar ditutup. Sejak saat itu, Andrie melalui masa kecil hingga remajanya dengan membantu orangtua membuat dan menjual kue berkeliling ke toko-toko dan pasar.

Pada usia 22 tahun Andrie memutuskan untuk mengadu nasib ke Jakarta. Ia berangkat dengan satu tekad yakni siap menghadapi apapun di depan dengan berani dan penuh kejujuran. Di Jakarta, Andrie memulai kehidupan barunya dengan bekerja sebagai /salesman / produk sabun hingga menjadi pelayan toko

Andrie memiliki kebiasaan untuk menandai setiap peristiwa yang telah dilaluinya dengan menuangkannya dalam bentuk kata-kata mutiara di buku hariannya. Saat salah seorang teman kos mencontek kata-kata yang dibuatnya, dari situlah muncul ide untuk membuat kartu ucapan yang penuh dengan kata-kata mutiara. Selain untuk memotivasi diri sendiri, kata-kata mutiara dalam kartu tersebut juga bertujuan untuk membantu memotivasi orang lain.

Biografi Komunikator Sukses 1 : Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey atau Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika, 29 Januari 1954. dia lahir dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumahtangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan bahwa dia hamil dan akhirnya dia harus melahirkan, namun malang bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, penuh percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun dia dapatkan saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah juga pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah untuk pertama kalinya dia menjadi sorotan publik..

oprah memulai karir pada 2 Januari 1984 saat itu dia diminta memandu acara di WLS-TV program AM Chicago, sebuah program perbincangan berating sangat rendah saat itu. sebuah fakta menarik bahwa sebelum menjadi pembicara terbaik ternyata Oprah pernah menjadi pembicara televisi yang sama sekali tidak diperhitungkan.

Program perbincangan tersebut kemudian diubah menjadi The Oprah Winfrey Show, yang kemudian mulai disiarkan secara nasional pada 8 September 1986. luar biasanya begitu program ini diganti nama ternyata menuai sukses besar, sampai akhirnya program ini menjadi program favorit dan disiarkan ke sejumlah negara, bahkan telah mengantongi kontrak untuk diproduksi hingga 2011 mendatang.

Perempuan yang pernah menjalani hidup bersama Stedman Graham itu, juga membintangi sejumlah film, di antaranya kisah adaptasi dari karya peraih nobel Alice Malsenior Walker, THE COLOR PURPLE, yang disutradarai oleh Steven Spielberg.

Bermodal keberanian “Menjadi Diri Sendiri”, Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

Sekelumit kisah sukses Oprah ini mampu menjadi sebuah contoh bahwa seorang komunikator mampu dibayar mahal, kelak ke depan blog ini akan menampilkan Biografi para Komunikator kelas dunia yang telah membuktikan bahwa kepiawaian dalam berkomunikasi mampu mengantarkan seseorang ke sebuah gerbang kesuksesan, Bahwa komunikasi mampu menjadi alat dan sarana untuk berubah menjadi lebih baik.

Senin, 25 Mei 2009

KOMUNIKASI DAN MENGIKLANKAN DIRI

Seorang pembicara terbaik tidak dilihat dari kualitas suara, tidak dilihat dari kualitas pakaian tetapi dilihat dari efek, dari dampak yang dia berikan untuk orang - orang yang mendengarkan dia berbicara, seorang pembicara terbaik tidak pernah menemukan kekurangan orang lain, seorang pembicara terbaik selalu menemukan kelemahan dirinya sendiri terlebih dahulu.

Kebintangan seseorang di sekolah, dipekerjaan, di Rumah sakit akan terlihat dari pengaruh yang diberikan ke banyak orang, jika kehadirannya selalu dinanti, jika kata - katanya selalu didengarkan, jika apa yang dia ucapkan selalu masuk akal dan sesuai dengan hati nurani maka tanpa harus mengiklankan diri maka dia akan dikenal secara luas.

Mengenalkan kelebihan dan kemampuan diri pada saat yang tepat dan jumlah massa yang besar telah membuat beberapa pakar di Indonesia menjadi orang - orang hebat, Andrie Wongso, Tung Desem Waringin, Mario Teguh, Rhenald Kasali, Nuthman Lutfie, Budhi Putra, Andy F Noya, Gede Prama, Safir Senduk, Bob Julius Onggo, Hermawan Kartajaya, Ari Ginanjar Agustian bahkan Cosaaranda.

kelebihan dan kemampuan mereka saling melengkapi sehingga setiap orang akan mendapatkan dari mereka hal - hal yang berbeda, tanpa pernah mengiklankan nama mereka langsung meroket seperti pesawat STEALTH...melesat dan menjadi popular karena kebintangan mereka..saya yakin masih banyak nama - nama lain yang juga meroket tetapi tokoh yang saya tulis ini adalah para komunikator di Bidang masing - masing.

Jika kita ingin mengiklankan diri, yang perlu dilakukan adalah memberikan kemampuan yang terbaik, melakukan yang terbaik akan membuat kita berbeda di antara yang lain, melakukan sesuatu yang berbeda membuat seseorang mudah diingat tetapi diingatlah menjadi orang berkualitas bukan seorang pecundang...seseorang yang besar dengan cara menghalalkan segala cara untuk menggapai popularitas maka akan jatuh dengan sangat menyakitkan, semua butuh kejujuran terhadap diri dan hati nurani, jika tidak popularitas justru akan menjadi bencana.

Mengiklankan kemampuan diri membutuhkan pengenalan terhadap konsep diri, mengenal semua kelemahan dan kelebihan diri, mengenal semua potensi perusak yang mungkin muncul, dengan mengukur semua kelebihan dan kekurangan diri maka popularitas akan membuat konsep diri semakin menguat dan orang lain semakin menaruh respect...semoga anda bisa menjadi BINTANG dalam kehidupan anda.

Kamis, 21 Mei 2009

KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT METAMORFOSA DIRI

KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT METAMORFOSA DIRI, Komunikasi adalah sebuah alat untuk melakukan perubahan, Salah seorang pujangga mengatakan bahwa " kehidupan selalu berubah, satu - satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri". Jika kita tidak mau berubah maka kita akan digilas oleh waktu, digilas oleh jaman dan digilas oleh arus globalisasi dan modernisasi.

Kita sangat beruntung bahwa tidak ada korelasi antara pendidikan dengan keberhasilan hidup, sehingga peluang untuk keberhasilan hidup lebih cenderung dipengaruhi oleh konsep diri, visi, misi, rencana pencapaian, out of box, goal setting, business plan, marketing plan, creative thingking dll.

Mengapa judul posting ini adalah komunikasi sebagai alat metamorfosa? metamorfosa adalah perubahan, seekor ulat berubah menjadi kepompong baru kupu - kupu, manusia dari anak - anak menjadi remaja kemudian dewasa. Komunikasi menjadi sebuah alat karena untuk melakukan perubahan satu hal yang perlu kita lakukan adalah komunikasi intrapersonal, kita perlu berbicara dengan diri sendiri tentang apa yang kita inginkan dalam hidup ini.

Kehidupan menjadi berat dan menyedihkan ketika kita tidak bisa memisahkan mana kebutuhan dan mana keinginan, kebutuhan membutuhkan biaya yang relatif lebih sedikit dibanding keinginan, keinginan ini pula yang membawa manusia ke dalam lembah kehancuran, karena terlalu banyak keinginan, keinginan tidak di planning, keinginan tidak di rencanakan, asal ingin langsung dituruti.

Komunikasi intra personal yang efektif akan membuat komunikasi interpersonal menjadi efektif pula, seorang pembicara terbaik lebih mengenal dirinya sendiri dibanding orang lain, area terbukanya besar, yang dia ketahui dan yang diketahui orang lain lebih besar daripada area Blind dan area Secret.

Jika ingin melakukan perubahan atau metamorfosa maka bertanya dan jujur kepada diri sendiri adalah langkah awal, apakah keinginan saya realistis, apakah apa yang saya inginkan sebenarnya saya butuhkan, apakah kebutuhan saya sudah terpenuhi?, jika kebutuhan saya belum terpenuhi apa yang harus saya lakukan?

Jujurlah dengan diri sendiri! maka kelak anda akan bisa menerima semua rahasia yang telah Tuhan gariskan untuk anda, mengapa jodoh anda si A bukan si B, mengapa anda dilahirkan oleh orangtua anda bukan orang tua teman anda, mengapa matahari terbit di timur dan terbenam di barat, semua pertanyaan tersebut akan terjawab setelah anda memutuskan ke arah mana anda akan membawa diri anda.

Minggu, 17 Mei 2009

KOMUNIKASI KEPADA PENDERITA GANGGUAN JIWA

Berkomunikasi dengan penderita gangguan jiwa membutuhkan sebuah teknik khusus, ada beberapa hal yang membedakan berkomunikasi antara orang gangguan jiwa dengan gangguan akibat penyakit fisik. Perbedaannya adalah :

1. penderita gangguan jiwa cenderung mengalami gangguan konsep diri, penderita gangguan penyakit fisik masih memiliki konsep diri yang wajar (kecuali pasien dengan perubahan fisik, ex : pasien dengan penyakit kulit, pasien amputasi, pasien pentakit terminal dll).
2. Penderita gangguan jiwa cenderung asyik dengan dirinya sendiri sedangkan penderita penyakit fisik membutuhkan support dari orang lain.
3. Penderita gangguan jiwa cenderung sehat secara fisik, penderita penyakit fisik bisa saja jiwanya sehat tetapi bisa juga ikut terganggu.

Sebenarnya ada banyak perbedaan, tetapi intinya bukan pada mengungkap perbedaan antara penyakit jiwa dan penyakit fisik tetapi pada metode komunikasinya.

Komunikasi dengan penderita gangguan jiwa membutuhkan sebuah dasar pengetahuan tentang ilmu komunikasi yang benar, ide yang mereka lontarkan terkadang melompat, fokus terhadap topik bisa saja rendah, kemampuan menciptakan dan mengolah kata - kata bisa saja kacau balau.

Ada beberapa trik ketika harus berkomunikasi dengan penderita gangguan jiwa :
1. pada pasien halusinasi maka perbanyak aktivitas komunikasi, baik meminta klien berkomunikasi dengan klien lain maupun dengan perawat, pasien halusinasi terkadang menikmati dunianya dan harus sering harus dialihkan dengan aktivitas fisik.
2. Pada pasien harga diri rendah harus banyak diberikan reinforcement
3. Pada pasien menarik diri sering libatkan dalam aktivitas atau kegiatan yang bersama - sama, ajari dan contohkan cara berkenalan dan berbincang dengan klien lain, beri penjelasan manfaat berhubungan dengan orang lain dan akibatnya jika dia tidak mau berhubungan dll.
4. Pasien perilaku kekerasan, khusus pada pasien perilaku kekerasan maka harus direduksi atau ditenangkan dengan obat - obatan sebelum kita support dengan terapi - terapi lain, jika pasien masih mudah mengamuk maka perawat dan pasien lain bisa menjadi korban.

Untuk terapi secara komplit pada gangguan jiwa bisa dibaca di www.imron46.co.cc, blog ini hanya mengambil sebagian kecil sebagai informasi bagi beberapa orang yang mungkin tertarik mempelajari teknik komunikasi terhadap penderita gangguan jiwa.

Rabu, 06 Mei 2009

TULISAN BLOGGER TIDAK BERMUTU

Sekilas begitu membaca judul postingan ini pasti akan banyak peblogger yang terhenyak, akan banyak peblogger yang tidak terima dan bahkan akan mencari sumber siapa yang mengatakan bahwa tulisan peblogger tidak bermutu. Begitu juga saya, ketika membaca postingan di sebuah blog (saya lupa nama blognya) dikatakan bahwa seorang kolumnis Koran katanya tulisannya lebih berkualitas daripada tulisan orang – orang yang menulis blog.

Kata – kata yang dilemparkan oleh kolumnis tadi membuat saya kaget, dongkol, jengkel. Seolah – olah membuat postingan itu mudah. Andai saja sang kolumnis memang memiliki penghasilan diatas 12 juta sebulan maka bolehlah dia merasa mampu mengalahkan para blogger. Meski dalam kenyataan yang sebenarnya persepsi bahwa tulisan para peblogger tidak bermutu adalah SALAH BESAR.

Menulis postingan sama beratnya dengan menulis artikel, ketika opini saya dimuat Suara Merdeka, ide penulisannya sama beratnya dengan postingan diblog ini, sebegitu bangganya ketika tulisan sang kolumnis dimuat di sebuah media cetak kemudian dengan jumawa menganggap tulisan peblogger tidak berkualitas, kita lihat saja nanti bahwa opini tersebut KELIRU.

Jika saja sang kolumnis tahu bahwa menulis diblog adalah tulisan murni non material, tulisan yang bukan menulis untuk dibayar, maka akan disadari bahwa ngeblog adalah berbagi ilmu, ngeblog menjalin komunitas dengan pembaca, ngeblog adalah sebuah tempat curhat tanpa batas ruang dan waktu. Hidup menjadi indah ketika kita mampu memberikan ke orang lain dengan tulus, menulis diblog kemudian blog tersebut di banjiri traffic 1000 orang perhari bukanlah pekerjaan gampang, Sebagus apapun tulisan anda bisa saja tidak laku baca, kualitas isi dan tulisan tetap memegang peranan.

Tulisan ini hanya sebuah lecutan, cambuk bagi peblogger lain bahwa ketika kita sedang merangkak naik menuju ke puncak kesuksesan kita akan dicemooh, diejek, disepelekan, diremehkan oleh beberapa orang. Tapi kelak ketika banyak blogger dengan penghasilan di atas $3000, maka siapa yang akan berani mengejek, siapa yang akan berani meremehkan. Jangan takut sobat, tulisan diblog sama bagusnya dengan tulisan para kolumnis. Jadikan ejekan dan cemoohan mereka sebagai cambuk bagi kita untuk menghasilkan yang lebih, lebih dan lebih baik lagi.